
Dengan komponen biaya ini, maka sebenarnya sudah dapat dianggap “gratis”
Informasi ini juga sudah dimuat pada website resmi IM3 yang dapat dilihat disini, sehingga saya berani mengeluarkan analisa biayanya dan mencoba kembali membandingkan dengan program sebelumnya.
Skema secara umum untuk program ini adalah:
- Nelpon ke sesama Indosat (IM3, Mentari, Matrix dan Starone) hanya Rp 0,00000000001/ detik setelah 90 detik (detik ke 91 dan seterusnya). Tarif Rp 15/ detik untuk 90 detik pertama (1,5 menit).
- Nelpon ke operator lain dan PSTN setelah 90 detik (detik ke 91 sampai 180) hanya Rp 0,00000000001/detik, kemudian berulang kembali. Tarif Rp 25/detik untuk 90 detik pertama.
Disini terlihat bahwa promo ini masih dikaitkan dengan alokasi waktu tertentu untuk pemberlakukannya, sehingga masih diperlukan “hitung-hitungan” khusus.
Mari kita coba hitung dengan beberapa skenario (sekali lagi, saya mencoba menghitung ke lain operator, bukan sesama Indosat):
- Pemakaian 90 detik
Biaya yang dikeluarkan pada skenario ini masih tetap sama dengan tarif sebelumnya, yaitu 90 x 25 = Rp. 2.250,-
- Pemakaian 120 detik (2 menit)
Disini efek dari program tersebut sudah terasa, dimana biaya yang dikeluarkan adalah (90 x 25) + (30 x 0,00000000001) = 2.250,0000000003, atau dapat dianggap sama dengan Rp. 2.250,-. Rata-rata biaya pemakaian per-detik adalah Rp. 18,75
- Pemakaian 180 detik (3 menit)
Ini adalah skema yang termurah untuk IM3, dimana tarif terendah berada pada posisi ini. Biaya yang dikeluarkan pelanggan adalah (90 x 25) + (90 x 0,00000000001) = 2.250,0000000009 atau dapat dianggap sama dengan Rp. 2.250,-. Tarif rata-rata adalah Rp. 12,500000000005 atau tetap sama dengan Rp. 12,5 / detik
- Pemakaian 240 detik (4 menit)
Biaya yang harus dikeluarkan pada skenario ini adalah (90 x 25) + (90 x 0,00000000001) + (60 x 25) = Rp. 3.750,0000000009 atau dapat dianggap sama dengan Rp. 3.750,- dengan rata-rata per-detik sebesar Rp. 15,625
- Pemakaian 270 detik (4 menit 30 detik)
Skenario ini adalah skenario yang termahal bagi Im3, dimana biaya yang harus dikeluarkan adalah (90 x 25) + (90 x 0,00000000001) + (90 x 25) = Rp. 4.500,0000000009 atau dengan rata-rata Rp. 16, 67 per-detik.
- Pemakaian 360 detik (6 menit)
Ini adalah pengulangan skenario 180 detik, dimana merupakan skenario termurah dari Im3. Biaya yang dikeluarkan adalah (90 x 25) + (90 x 0,00000000001) + (90 x 25) + (90 x 0,00000000001) = Rp. 4.501,0000000008 atau dengan rata-rata Rp. 12,5 per-detik
Mari sekarang kita coba bandingkan tarif ini dengan tarim promo IM3 sebelumnya yang sudah saya tulis disini dengan nilai promo 0,01 / detik (semua angka dibelakang koma saya hilangkan, karena tidak signifikan dengan pembiayaan):

Apa kesimpulannya ?
Kesimpulannya, sama saja dengan program 0,01/detik. Artinya, masih tetap menggunakan bahasa yang BOMBASTIS untuk mempromosikan sesuatu
Selama masih ada persyaratan “berlaku setiap kelipatan detik tertentu”, maka masih tidak akan ada perubahan di masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar